Jenis Ram dan Slot di Komputer

RAM


Random Access Memory ( RAM ) adalah memori eksternal merupakan ruang yang berfungsi untuk menyimpan program dan taya yang dapat ditulis serta dibaca oleh proccesor . Penyimpanan pada RAM bersifat sementara , yaitu selama ada aliran listrik yang masuk . Jika aliran listrik terputus, data yang disimpan akan hilang.
Keberadaan Ram merupakan suatu keharusan agar suatu unit pada komputer dapat bekerja. Sebelum melangkah kepada era zaman modern seperti sekarang dibawah ini adalah macam macam slot RAM bersejarah .

Slot RAM untuk komputer XT

Slot ini masih berbentuk soket IC yang dinamakan DIP ( Dual In line Package ). Saluran ini mampu menampung memori sebesar 128 sampai 640 KB. Slot jenis pada komputer XT menggunakan jenis DRAM ( Dynamic IC Random Access Memory ) .


Slot SIMM

Slot SIMM ( Single In line Memory Modul ) adalah saluran RAM yang sudah menggunakan memori dalam satu wadah . Model SIMM dapat dibedakan menjadi 2 jenis sebagai berikut .

- SIMM 30 pin

Slot ini mempunyai 30 saluran transfer data dan dapat menampung memori sebesar 256 KB samapi 4 MB. jenis SIMM 30 pin ini juga dibedakan menjadi dua, yaitu parity ( mempunyai IC memori ganjil ) dan non parity ( mempunyai IC memori genap ) .

- SIMM 72 pin

Slot ini mempunyai 72 saluran transfer data dan dapat menampung memori sebesar 1 sampai 32 MB. RAm 72 pin ini juga dibedakan menjadi dua sama seperti slot 30 pin, yaitu EDO ( Extend Data Out ) dan non EDO .


Slot DIMM

Slot DIMM ( Dual In line Memory Module ) merupakan teknologi RAM terbaru sebagai penerus dari teknologi SIMM.
Slot DIMM terdiri dari SDRAM, DDR SDRAM dan RD RAM. Penjelasan lengkap beserta macam macamnya dibawah ini .

SDRAM 

Slot DIMM untuk SDRAM ( Synchronous Dynamic RAM ) memiliki 168 pin saluran transfer data dan memiliki ciri - ciri adanya 2 celah di kakinya. Versi ini mampu menampung memory antara 16 samapi 512 MB, tergantung dari kemampuan motherboard dan kapasitas yang disediakan. Sekarang ini, ukuran SDRAM yang tersedia adalah 16 MB, 32 MB, 65 MB, 128 MB, 256 MB, dan yang paling populer disunakan disebuat setengah giga yaitu ukuran 512 MB. Untuk kategori jenis ini juga dapat kita bedakan berdasarkan Busnya ( FBS ), yakni 66, 100 dan 133 Mhz.
SDRAM ini dipasang dengan ukuran yang berbeda tetapi harus dapat diusahakan dengan baik kecepatan bus/fbs yang sama . Tingkat performanya akan lebih baik lagi jika berasal dari vendor yang sama.



Jenis RAM SDRAM



DDR SDRAM

Untuk jenis ini, mempunyai kecepatan hampir dua kali lipat dari jenis sebelumnya dan memiliki 182 pin. Memory ini dapat mentransfer data pada saat naik atau turun . Untuk membedakan DDR SDRAM dan SDRAM secara fisik dapat dilihat pada celah di kakinya. Ada bebearapa tipe DDR SDRAM yaitu ;

Pc 1600 ( 200 )
pc 2100 ( 266 )
pc 2700 ( 333 )
pc 3200 ( 400 )
pc 3700

Jenis RAM DDR SDRAM


Cara pemasangan modul dual channel pada DDR SDRAM sama dengan pemasangan memori pada biasanya . Hanya saja, pada pemasangannya dibutuhkan dua keping memori dengan kecepatan serta kapasitas yang sama agar motherboard dapat "mengeluarkan" teknologi ini . Cara kerjanya harus tetap pada synchronous mode, yang artinya FSB dari prosesor dengan clock memori seharusnya diset pada nilai yang sama. Memori DDR hanya bisa bekerja sebagai DDR dual channel jika menggunakan dua modul DIMM pada dua slot yang berbeda secara bersamaan . Untuk menghindari terjadinya masalah, disarankan modul memori yang dipasang menggunakan cip yang berasal dari pabrikan yang sama dengan ukuran sama pula. 

RDRAM 

Untuk kategori jenis ini mungkin sangat populer digunakan oleh pengguna komputer secara umum. Pemasangan memori RDRAM ( Rambus Dynamic RAM ) memerlukan ketelitian supaya sistem bisa menjalankan sistem dual channel yang menjadi keunggulan memori buatan Rambus,inc ini . Ketelitian yang dimaksud adalah memori jenis tipe ini harus terisi semua. Pada slot rambus ada keharusan untuk memasang dua pasang memori RDRAM dan dua pasang memori terminator CRIMMA atau continuity RIMMS pada slot DIMM dengan tepat. Pada pemasangannya misalnya, jika kita menginginkan memori 256, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni dengan memasang 2x128 MB atau memasang 256 MB + CRIMMA sebagai memori bayangan . 

Ukuran RDRAM yang saat ini paling populer dan banyak digunakan adalah 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1GB dan 2GB . sementara itu untuk tipe RDRAM adalah 800, 1024 dan 1066 . 

Jenis RAM RDRAM


Itulah semua penjelasan lengkap tentang jenis Ram dan Slotnya di komputer, pada sebuah komputer , semoga bermanfaat dan memberi wawasan baru untuk kalian . 

0 Response to "Jenis Ram dan Slot di Komputer"

Post a Comment